5 KIAT SUKSES DMI (SUKSES 5 B)

 

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI Primagama

 

Banyak jalan menuju Roma. Sedikit jalan buntu bila kita harus kesasar sekalipun. Itulah sekelumit pepatah dan sepenggal cerita nyata dari orang-orang yang pernah kesasar jalan yang pernah kita temui dalam kisah sehari-hari. Nampaknya seperti sepele tetapi sarat pesan dan makna yang bisa kita petik hikmahnya. Bahwa kreatifitas itu akan memudahkan kemanapun kita pergi, ”banyak jalan” dan hanya ”sedikit jalan buntu” sehingga kita harus optimis. Banyak cara pula orang menuju jalan sukses hidupnya. Pada kesempatan ini saya memberikan suatu alternatif (bukan satu-satunya) dari sekian banyak alternatif yang mungkin pernah ada atau pernah kita ketahui.

Ada 5 B SUKSES. Yaitu Bakat, Belajar, Bertindak, Bekerjasama, Berbuah. Mengapa harus 5 B ?  Ya karena apapun usaha seseorang tujuan akhirnya (goal settingnya) adalah membuahkan hasil atau manfaat bagi diri sendiri sekaligus bagi orang lain disekitarnya. Kalau ada tips yang tujuan akhirnya bukan seperti itu maka akan menjadi keliru dan salah jalan. Berbuah adalah visi yang harus dipegang teguh, penuh komitmen dan konsisten (istiqomah). Orang yang konsisten dengan visinya biasanya memiliki kecenderungan kecerdasan intrapersonal yang dominan.

Untuk mendapatkan / membuahkan hasil maka seseorang harus bisa bekerjasama (berjamaah) dengan orang lain. Tidak ada orang hidup yang tidak berkomunitas. Tidak ada orang bisa bertahan hidup hanya seorang diri. Dengan memiliki kecerdasan interpersonal yang tinggi seseorang bisa bekerjasama dengan orang yang lainnya sekalipun beda suku bangsa dan beda agama.

Sementara orang yang mau kerjasama ia dituntut untuk bertindak nyata, bukan sekedar wacana atau khayalan saja. Ia langsung action sesuai kebutuhan tim nya atau komunitasnya atau juga tujuan pribadinya. Dan orang yang segera bertindak ini biasanya memiliki dominasi psikologis (psychologi capability) yang lebih kuat dari pada planning capability nya.

Dan orang yang suka action (segera bertindak) itu harus mau memiliki kesediaannya untuk selalu belajar dalam hidupnya. Hidup adalah proses pembelajaran. Hidup adalah laboratorium terluas dengan dimensi yang unlimited. Setiap kesalahan dimaknai dan dipahami sebagai tahapan belajar. Dan pribadi yang bisa seperti itu biasanya memiliki learning sensitivity yang baik dan mengerti terhadap gaya belajar yang disukainya (preffered learning stily).

Orang yang mau belajar agar fektif dan efisien dalam waktu dan pembiayaannya (mapun aspek psikologisnya) maka ia harus menyesuaian pilihan bidang belajarnya itu dengan bakat alaminya. Kenali bakat terlebih dahulu baru tumbuhkan minat yang sesuai dengan bakatnya. Semakin dekat kesesuaian antara minat dengan bakatnya maka akan semakin mudah meraih puncak prestasi. Pilih bidang pendidikan yang sesuai dengan bakat alaminya. Memilih pendidikan itu penting tetapi mengenali bakat terlebih dahulu itu jauh lebih penting. Bersekolah tidak kenal bakatnya ibarat beli obat tidak kenal penyakitnya. Kalau penyakit perlu didiagnosa maka bakat perlu dideteksi.

Singkat kata orang yang mau sukses harus mau mengikuti tahapan 5 B yaitu mengenali bakatnya terlebih dahulu, setelah itu mau belajar sesuai dengan bakatnya, dan segera bertindak, jangan buang-buang waktu hanya menunggu peluang yang belum jelas kapan datangnya atau hanya berpikir saja, ambil keputusan dan lakukan tindakan nyata. Setelah ambil tindakan maka mintalah bantuan pada ahlinya bila menemui kendala dan hambatan. Datang dan silaturahmi, ajaklah kerja sama orang yang telah teruji dibidangnya selama ini. Insya Allah dengan komitmen, konsistensi dan daya juang yang memadai keempat B tersebut akan menghasilkan satu B yang lainnya yaitu berbuah dan berkah.

Semoga dengan konsep sukses 5 B tersebut menambah wawasan dan pengetahuan kita serta menambah alternatif ”jalan menuju Roma”. Selamat mencoba !

 

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: