MESTAKUNG DAN TALENTA (BAKAT)

 

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI Primagama

 

 

INTRODUCTION. Membaca buku karya Prof. Yohanes Surya, Ph.D., sangatlah menyenangkan. Sekarang ini beliau adalah Rektor Universitas Multimedia Nusantara milik Gramedia dan Kompas Group. Beliau juga ketua Tim Olimpiade Fisika, yang telah mengantarkan Indonesia menjadi juara dunia Olimpiade Fisika Internasional di Singapura pada tahun 2006. Mestakung adalah sebuah singkatan dari kata semesta mendukung. Istilah itu diambil dari konsep sederhana fisika, bahwa ketika sesuatu (apapun jua) berada dalam kondisi kritis maka setiap partikel disekelilingnya akan bekerja serentak demi mencapai titik ideal. Menurut beliau mestakung bisa terjadi dimana-mana.

Ada beberapa kata kunci yang bisa kita gunakan dalam konsep mestakungnya prof. Yohanes. Pertama, berpikir positif, optimis dan semangat. Kedua, fokus. Ketiga, krilangkun (kritis, langkah, tekun). Keempat, doa merupakan kekuatan mestakung.  Keempat kata kunci itu sangat dibutuhkan untuk pengembangan talenta seseorang guna meraih pencapaian-pencapaian yang biasanya kita sebut prestasi. Talenta tidak akan berkembang dengan baik kalau tidak didukung oleh konsep mestakung. Sebaliknya konsep mestakung tidak akan menjadi lebih optimal bila tidak serasi dengan potensi dan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Maka perjuangan dan doalah yang menjadi inti dari mestakung itu. Berjuang untuk mengenali bakat, berjuang untuk mengembangkan bakat, berjuang untuk menghadapi kendala dan rintangan dan berdoa kepada Tuhan sebagai puncak suatu ikhtiar.

 

LAGU MESTAKUNG. Tetapkan sasaran / tetapkan setinggi mungkin / makin tinggi makin baik / bicarakan tiap hari / bicarakan ke setiap orang / bicarakan dalam doa / melangkahlah / melangkahlah / maju…maju…dan maju / jangan goncang lihat gelombang / jangan gemetar dengar deru angin / jangan menyerah hadapi rintangan / pantang bicara tidak mungkin / pantang bicara tidak mampu / pantang bicara kalah / yakinlah yakinlah / gunung tinggi dapat didaki / laut luas dapat terseberangi / masalah sulit dapat dipecahkan / tak ada yang tidak mungkin / semua mungkin pasti bisa / yakinlah yakinlah / lihat bagaimana semesta mendukung kita / mestakung semesta mendukung kita / mestakung, yang sulit menjadi mudah / mestakung, yang tidak mungkin menjadi mungkin / yakinlah yakinlah / gunung tinggi dapat didaki / laut luas dapat terseberangi / masalah sulit dapat dipecahkan / tak ada yang tidak mungkin / semua mungkin pasti bisa / yakinlah yakinlah.

 

Sudahkah berpikir positif, optimis dan semangat menjadi gaya hidup kita sehari-hari ? Kalau sudah, tentu bakat / talenta dan potensi diri yang kita miliki selama ini segera bisa berkembang dengan cepat dan optimal. Semoga !

 

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

 

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: