PSIKOLOGI BAKAT / TALENTA


Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI Primagama

 

 

Dunia psikologi terus menerus berjuang untuk turut serta mensejaterakan umat manusia. Proses yang harus dilalui dalam hidup terus menerus harus diupayakan untuk lebih mudah dijalani, lebih simple dan tentu lebih bahagia dan sejahtera lahir dan batin. Lebih harmonis dalam keberagaman dan lebih damai dalam  persaingan (berkompetisi). Itulah jaman yang disebut jaman penuh peradaban yang sangat diharapkan oleh siapapun dia dan dimanapun ia berada. Pada level apapun ia dan pada dimensi apapun juga.

 

Berkat upaya dan jasa para psikolog kelas dunia, dan berkat terbukanya dunianya psikologi terhadap disiplin ilmu yang lainnya maka peradaban dan kemajuan pengenalan bakat seseorang semakin hari semakin canggih saja. Kerjasama yang baik antara disiplin ilmu psikologi, ilmu kedokteran, ilmu anthropologi dan ilmu teknologi melahirkan suatu inovasi baru tahap pengenalan bakat manusia.

 

Ada tiga fase sejarah kemajuan pengenalan bakat manusia. Pertama, pengenalan bakat berbasis pengalaman (experience traditional). Yaitu pengenalan bakat pada sekup keluarga inti. Seorang ibu berusaha mengenali bakat anak-anaknya sejak dalam kandungan sampai kelak ia tumbuh menjadi orang dewasa. Pengenalan bakat seperti itu akan menjadi akurat bila si orangtua mempunyai kepekaan hubungan personal dengan anak-anaknya, punya waktu luang untuk hidup dalam kebersamaan dalam kesehariannya. Membutuhkan waktu yang lama, ketekunan dan kesabaran. Kelemahan metode / fase ini adalah tidak diakui oleh pemerintah dan bersifat sangat subyektif dan tidak bisa diduplikasikan kepada siapapun. Kedua, pengenalan bakat berbasis psikometri yaitu alat ukur berdasarkan psikotes bisa berupa tes tertulis ataupun tes wawancara. Metode ini telah diakui oleh pemerintah. Ibarat bank, tabungan uang rakyat dijamin keamanannya oleh pemerintah. Tetapi hasil dari metode ini adalah bisa dimungkinkan berubah pada waktu-waktu berikutnya. Hasil tes sangat dipengaruhi oleh konsidi psikologis saat seseorang tes. Tentu pada saat seseorang kelelahan, sedang bersedih hati, dalam kondisi tidak bahagia maka hasilnya akan tidak lebih baik bila dibandingkan dengan saat ia lebih siap, lebih sehat dan mendapatkan pelatihan yang memadai. Ketiga, pengenalan bakat berbasis teknologi. Dimana melalui media fingerprint seseorang bisa diketahui bakatnya dengan cara relatif sangat cepat. Orang yang autis, anak yang sedang tidurpun bisa dites dengan alat ini. Orang yang sedang tidur tidak sedang kehilangan nyawanya. Orang yang sedang tidurpun tidak sedang kehilangan bakatnya. Maka dengan logika seperti itu bakat seseorang bisa diketahui pada semua suasana. Anak usia dua tahun sampai menjadi manula pun bisa dideteksi bakatnya. Hanya memutuhkan waktu 10 sampai 20 menit saja untuk orang dewasa. Tidak perlu wawancara, tidak perlu mengerjakan tes tertulis yang mudah-mudah apalagi yang sulit-sulit. Dengan alat tersebut kehadiran teknologi benar-benar telah memberikan kemudahan yang sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan pengenalan bakat seseorang.

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

 

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: