DELAPAN KECERDASAN MULTIPLE INTELLIGENCE HOWARD GARDNER

  1. Logical Mathematical Intelligence (Intelegensi berdasar logika matematika) paling sering dikaitkan dengan apa yang kita sebut Scientific Thinking (berpikir ilmiah) Logical Mathematical Intelligence muncul dan berkembang dalam situasi yang membutuhkan pemecahan masalah atau menemui tantangan baru. Intelegensi ini melibatkan kapasitas berikut:
    1. Untuk mengenali bentuk
    2. Untuk bekerja dengan simbol abstrak seperti angka dan bentuk geometris
    3. Untuk mencerna hubungan atau koneksi antara informasi yang terpecah dan terpisah jauh

 

  1. Linguistic Intelligence (Intelegensi bahasa) bertanggungjawab dalam memproduksi bahasa dan segala hal yang kompleks berikut: Termasuk puisi, humor, grammar, metafora, simile, abstrak pertimbangan, pemikiran simbolis dan tentu saja kata tertulis. Linguistic intelligence dapat muncul dan berkembang lewat ucapan, membaca ide/puisi seseorang, dan menulis ide, pemikiran atau puisi seseorang

 

  1. Intrapersonal Intelligence (Intelegensi diri pribadi) melibatkan pengetahuan aspek internal diri seperti pemahaman perasaan, jarak respon emosi, proses berpikir, refleksi diri dan pengertian atau intuisi realita spiritual. Intrapersonal Intelligence memampukan kita menyadari kesadaran kita, yaitu melihat dan mengamati diri sendiri seperti orang lain yang mengamati kita. Identitas diri dan kemampuan kita untuk merasa lebih adalah bagian dari memfungsikan inteligensi ini. Intrapersonal Intelligence adalah hal yang paling pribadi dan membutuhkan semua bentuk intelegensi lain untuk diekpresikan seperti bahasa, seni, musik, tari, symbol dan komunikasi inter personal dengan orang lain.

 

  1. Interpersonal Intelligence (Intelegensi antar pribadi) melibatkan kemampuan untuk bekerjasama secara kooperatif dalam kelompok seperti juga kemampuan untuk berkomunikasi verbal dan non verbal dengan orang lain. Interpersonal Intelligence membangun kapasitas untuk memperhatikan perbedaan antar individu, misal perbedaan mood, temperamen, motivasi dan maksud/ keinginan. Dalam bentuk yang lebih tinggi, seseorang dapat benar benar berpindah ke dalam konteks hidup orang lain (yaitu menjadi orang lain, berbicara dan mengalami apa yang diinginkan dan maksud mereka). Orang dengan Interpersonal Intelligence mempunyai empati murni akan perasaan, ketakutan, antisipasi dan kepercayaan orang lain.

 

  1. Bodily-Kinesthetic Intelligence (Intelegensi gerak badan) adalah kemampuan menggunakan badan untuk mengekspresikan emosi, bermain game, berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa tubuh atau menciptakan produk baru. Badan kita sangat bijaksana. Mereka mengerti suatu hal dimana pikiran sadar kita tidak menyadarinya dan tidak akan bisa mengerti dengan cara apapun. Misal, jika anda harus meletakkan keyboard computer diatas kertas tanpa menggerakan jari anda, apakah anda bisa melakukannya? Mungkin tidak. Tapi jari anda mengerti keyboard bahkan tanpa berhenti.

 

  1. Visual-Spatial Intelligence (Intelegensi ruang visual) melibatkan sejumlah aktifitas seperti melukis, menggambar dan memahat, navigasi, pemetaan dan arsitektur, serta game seperti catur (yang membutuhkan kemampuan memvisualisasikan obyek dari perspektif dan sudut berbeda). Kunci dasar sensory Visual-Spatial Intelligence adalah penglihatan tapi juga melibatkan kemampuan membentuk image dan gambar dalam pikiran. Mimpi masa kecil kita, ketika kita pura pura bisa terbang atau kita adalah mahkluk ajaib atau bahkan kita berlagak bagai tokoh pahlawan dalam cerita petualangan, maka dalam hal inilah intelegensi ini diterapkan.

 

  1. Musical Intelligence melibatkan kapasitas seperti pemahaman dan penggunaan bentuk ritmis dan tonal, serta sensitivitas pada suara dari sekitar kita, suara manusia dan instrument musik. Kebanyakkan dari kita belajar alphabet dengan menggunakan intelegensi ini serta lagu ABC. Dari semua bentuk intelegensi yang teridentifikasi, pengaruh musik dan ritme yang tidak disadari pada otak adalah pengaruh yang paling besar. Coba pikir, bagaimana musik dapat menenangkan anda ketika stress, membangkitkan semangat ketika bosan dan membantu anda memperoleh ritme yang teratur seperti mengetik dan berolah raga. Musik telah dipakai untuk inspirasi kepercayaan religi, memperkuat loyalitas bangsa dan untuk mengekspresikan rasa kehilangan besar atau kesenangan.

 

  1. Naturalist Intelligence (Intelegensi alam) berhubungan dengan pemahaman, penghargaan dan pengertian kita akan alam disekitar kita. Naturalist Intelligence melibatkan berbagai kapasitas seperti ketajaman spesies, kemampuan untuk mengetahui dan mengelompokkan aneka flora dan fauna, serta pengetahuan dan kerukunan kita dengan alam. Anda dapat mengenali Naturalist Intelligence ketika anda tertarik pada binatang dan tingkah lakunya. Anda mengenalinya saat melihat akibat pada mood dan perasaan anda ketika seseorang membawa tanaman atau memotong bunga untuk ditata dalam lingkungan yang diciptakan manusia. Coba pikir, seberapa sering kita ingin kembali ke alam ketika kita ingin santai sejenak, beristirahat dan membuat pembaharuan diri.

 

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

 

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: