ENTREPRENEURSHIP: BERKEMBANG KUAT BERSAMA BAKAT ALAMI (TALENTA)

 Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI Primagama

 

Ada ciri-ciri dan indikasi seseorang itu memiliki bakat dibidangnya atau tidak. Antara lain bisa dilihat dari apa yang menjadi kesukaannya atau hobbynya. Apa yang menjadi kebiasaannya, apa yang menjadi prestasi tertinggi dibidang yang dijalaninya selama ini. Orang yang berbakat juga bisa dilihat dari bagaimana kekuatan mentalnya ketika menghadapi persoalan terberat pada bidang pilihannya. Orang yang sungguh-sungguh berbakat dibidangnya tidak akan mudah jenuh, mudah bosan bahkan tidak akan menyerah pada situasi apapun. Ia tetap yakin dan berjuang untuk mempertahankan dalam situasi sesulit apapun. Bahkan ia akan puas bila bisa melampauinya bukan menghindarinya. Mental seperti itulah yang dibutuhkan bagi seseorang yang akanmenggeluti dunia entrepreneurship. Mental wirausaha menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, mental yang menuntut totalitas, ketekunan dan keuletan. Hanya dengan kekuatan bakatlah hal yang sulit bisa dilampaui, kejenuhan bisa dihindari dan hambatan bisa diatasi. Ada tiga aspek penting yang harus diperhatikan ketika seseorang terjun di dunia bisnis. Yaitu aspek modal (instrumental), mental (intelektual; punya strategi dan kreasi) dan moral (tidak nakal)

Ada tiga modal utama seseorang bila akan terjun kedunia wirausaha. Pertama, peka. Kepekaan akan melahirkan kecerdasan menangkap peluang. Kedua, kreatif. Kreatifitas akan melahirkan kecerdasan untuk berinovasi, yaitu kemampuan untuk mewujudkan gagasan yang ada menjadi kenyataan. Ketiga, berani. Keberanian akan melahirkan kecerdasan untuk segera bertindak. Hidup bukanlah mimpi semata, hidup bukanlah wacana saja. Hidup menuntut lebih dari sekedar itu semua.

Ada tiga mental yang harus dipersiapkan. Pertama, tabah. Tabah adalah kesediaan untuk menghadapi masalah. Tidak orang hidup yang tidak punya masalah. Jadi pengusaha punya masalah, tidak jadi pengusaha juga punya masalah. Kedua, tekun. Tekun adalah kesediaan mengikuti proses. Tidak ada prestasi yang tidak berproses. Tidak ada kehidupan yang tidak membutuhkan waktu. Untuk berbisnis maupun tidak bisnis untuk sukses dibutuhkan waktu yang signifikan dengan kecerdasan, keahlian dan ketekunannya. Ketiga. Taktis. Taktis adalah kesediaan untuk menghadapi dan mengelola perubahan. Tidak ada hidup yang tidak berubah kecuali tiga hal yaitu: perubahan itu sendiri, prinsip dan pilihan. Orang yang suskes selalu punya prinsip, punya visi dan misi yang jelas. Siap menghadapi perubahan (sangat taktis bila ketemu dengan masalah) dan siap membuat dan mengambil keputusan (pilihan) apapun resiko dan kosekuensinya. Menjadi pengusaha sangat dituntut kesemuanya itu.

Ada dua aspek moral. Yaitu: tidak nakal dan selalu loyal pada plihan bisnisnya, juga pada pelanggannya. Dengan perpaduan bakat, minat dan daya juang yang kuat usaha kita akan lebih memikat. Semoga !

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

 

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: