MULTI TALENTA

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI Primagama

Potensi multi talenta berbeda dengan prestasi multi talenta. Kedua-duanya termasuk kelompok yang langka. Jumlah orang yang memiliki prestasi multi talenta lebih sedikit bila dibandingkan dengan jumlah orang yang memiliki potensi multi talenta. Perlu suatu perjuangan tersendiri bagi orang yang memiliki potensi multi talenta dalam rangka mewujudkan prestasi multi talenta. Dikatakan memiliki potensi multi talenta karena seseorang sangat responsif terhadap setiap stimulus yang datang kepadanya. Ia cukup enjoy dengan semua yang ada pada lingkungannya. Sedangkan dikatakan prestasi multi talenta karena seseorang memiliki banyak capaian dalam banyak bidang karir atau sisi kehidupan. Orang seperti itu sangatlah langka, kalau toh ada hanya multi karir dalam satu keberbakatan, misalnya orang yang memiliki bakat berbicara atau linguistik maka bila dikembangkan dengan baik ia akan memiliki ”kesan prestasi multi talenta” seperti menyanyi, menjadi MC atau host, menjadi presenter atau narasumber, menjadi guru atau dosen, menjadi pelawak, menjadi konsultan, dan menjadi komentator. Pendek kata ”bumbu dapur utamanya” adalah keahlian berbahasa dan bicara.

Ada empat keunggulan potensi multi talenta yaitu a) fleksibilitas tinggi b) adaftasi tinggi atau mudah beradaftasi c) mudah untuk memahami banyak hal d) sangat responsif terhadap banyak stimulan yang ada. Sedangkan kelemahannya adalah a) kurang fokus b) mudah bimbang c) kesannya menjadi peragu d) hanya sedikit tahu tentang banyak hal (menjadi pribadi generalis bukan spesialis)

Di dalam buku assessment report DMI ada beberapa persamaan dan perbedaan dalam diri seseorang yang memiliki potensi multi talenta. Persamaannya adalah a) skala atau grafik pada otak kanan dan otak kirinya rata b) distribusi multiple intelligencenya rata c) gaya belajarnya atau learning stylenya sama atau seimbang d) bagian frontalnya atau driven modelnya sama atau seimbang. Sedangkan perbedaan antar mereka adalah a) kepekaan belajar b) karakter komunikasi belajar c) lingkungan sehari-hari di sekolah dan di rumah d) fasilitas belajar di sekolah dan di rumah.

Tiga kesan potensi multi talenta pertama, serba bisa. Kedua, multi karir. Ketiga, mudah pindah haluan atau berpaling.

Ada lima rekomendasi bagi seseorang yang memiliki potensi multi talenta yaitu a) dengarkan apa yang menjadi minatnya b) carikan lingkungan yang sesuai dengan minatnya c) arahkan minat yang sesuai dengan prospek karirnya (bukan dengan bakatnya, karena bakatnya sama dominannya disemua bidang) di masa yang akan datang d) berikan fasilitas yang mendukung dan sesuai dengan minatnya e) jagai komitmen agar tidak menyimpang dari minat yang telah dipilihnya, buatlah selalu fokus pada minatnya itu apapun yang terjadi.

 

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

 

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

2 Comments

  1. Sebetulnya potensi multitalenta itu hal yang biasa-biasa saja, positif, atau negatif. Sebab, orang-orang seperti itu biasanya bertipe peragu dan penguasaannya pun setengah-setengah. Itu yang dapat sedikit saya tangkap dari uraian di atas. Nah, yang lebih penting tentu mengarahkan anak dengan potensi multitalenta ini untuk memilih salah satu atau dua bakatnya untuk ditekuni sehingga di kemudian hari memiliki prestasi yang bagus di bidang yang dipilihnya itu.
    Di sekolah-sekolah seorang guru BP harus memahami ini. Jangan sampai ada anak didik yang sebetulnya mampu berprestasi, tapi karena kurang jeli dalam memberi bimbingan, malah menjadi anak yang kurang mampu berprestasi dalam satu bidang pun.
    🙂 Salam,

    Mochammad
    http://mochammad4s.wordpress.com
    http://piguranyapakuban.deviantart.com
    🙂 Salam,

  2. Potensi multi talenta bukanlah hal yang biasa-biasa saja, kita harus sportif bisa mengakui bahwa tidak setiap orang memilikinya. Tuhan memberikan hal lebih kepada seseorang yang punya potensi multi talenta dibandingkan dengan potensi lainnya, walau keberadaan potensi multi talenta akan sia-sia jika tidak dikembangkan dengan baik, sebagaimana potensi lainnya pun akan tetap sia-sia juga jika tidak dikembangkan dengan semestinya.
    Guru adalah mulia, dan kemuliannya itu terletak pada rasa tanggungjawab dan beratnya tugas yang diembankannya dalam mensukseskan setiap anak didiknya. Sehingga ketika seorang guru tidak bertanggungjawab atas tugas utamanya, maka gugurlah sifat kemuliannya itu.
    Dalam mewujudkan sifat kemuliannya itu seorang guru memang sebaiknya faham dan mengerti tentang potensi setiap anak didiknya (tidak sekedar faham potensi multi talenta saja) agar dalam menasihati dan memberikan stimulan lainnya tepat guna dan tepat sasarannya. Guru yang demikian akan lebih baik lagi jika bisa melaksanakan filosofi “Ukur baju badan sendiri” bagi setiap anak didiknya, “Tidak memberikan pelajaran menggambar pada anak didik yang buta”, “Tidak melukis di atas air”…dst…dst. Itu berarti sebelum “mengajar, melatih dan mendidik” seorang guru harus tahu setiap potensi anak didiknya, kemudian baru menentukan materi dan metode yang sesuai dengan potensi riil setiap anak didiknya. Dengan demikian stimulasinya (proses pembelajaran) akan relatif menjadi optimal karena sesuai dengan potensi unggulnya. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu. Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: