PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BAKAT

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI PRIMAGAMA INDONESIA

  Di zaman penuh ketidak pastian ini, kompetisi sukses semakin tinggi dan aspek hidup semakin kompleks. Tidak jarang diantara mereka panik, hilang kendali diri dan prinsip hidup semakin sulit dikenali. Dampaknya perilaku sosial semakin bergeser kearah yang sulit diterka. Gejala hidup hedonisme, materialisme, konsumerisme dan anarkisme merambah kemana-mana, dari desa ke kota, dari atas turun ke bawah, dari kalangan akademisi, praktisi dan politisi. Penyimpangan dan penyalahgunaan kewenangan ada dimana-mana. Pelajaran agama, pendidikan moral pancasila, dan bahasa indonesia yang mengajarkan kesantunan dalam bersikap dan bertutur kata seakan tidak bermakna dan tidak berbekas lagi, maka muncullah wacana tentang pentingnya pendidikan karakter.

Kemudian muncul pertanyaan, apakah dengan pendidikan karakter tersebut ketiga mata pelajaran tersebut (pelajarann agama, pendidikan moral pancasila, bahasa indonesia) akan dihilangkan ? Tentu tidak, jika dihilangkan mungkin keadaan akan semakin tidak baik. Maka dibutuhkan beberapa perbaikan yang dipandang perlu. Penulis berpendapat bahwa perbaikan bisa dilakukan dalam hal metodologi penyampaiannya atau metode pengajarannya, bagaimana ketiga mata pelajaran tersebut disampaikan dengan cara yang lebih menarik dan mudah diikuti serta dipahami. Pendidikan karakter akan bernasib sama dengan ketiga mata pelajaran tersebut jika tidak dikonsep secara matang, terstruktur dan aplikatif, bahkan hanya akan menghabiskan biaya dan waktu saja. Jam pelajaran semakin panjang dan beban siswa semakin berat. Sebenarnya dalam rangka menjawab perubahan prilaku sosial yang menyimpang tersebut, tidak hanya pendidikan karakter saja yang dibutuhkan, melainkan juga penegakan aturan hukum dan sistem reward dan punishment yang jelas dan tegas dalam penyelenggaraan bernegara, peraturan perundangan perlu dikaji dan ditata kembali.

Pendidikan karakter barbasis bakat, adalah sebuah alternatif pemikiran guna mengimplementasikan konsep pendidikan yang diharapkan mampu membentuk karakter yang baik bagi setiap warga negara. Ada hubungan yang sangat erat antara bakat dan pendidikan. Bakat adalah potensi inheren yang spesifik yang dibawa seseorang sejak lahir dan merupakan bahan baku suatu kompetensi atau keahlian. Sementara pendidikan adalah bagian dari stimulasi yang merupakan proses pembelajaran yang merangsang potensi peserta didik agar berkembang menjadi prestasi dan memiliki reputasi. Semakin stimulasi sesuai dengan potensi, semakin mudah mewujudkan prestasi. Semakin sistem pendidikan menghargai arti sebuah bakat, maka semakin terbuka lebar peluang bagi para siswa untuk mengembangkan dirinya. Selama ini semua anak dianggap sama, sehingga diberi pelajaran yang serba sama pula. Anak-anak tidak dianggap sebagai pribadi yang unik yang memiliki bakat yang berbeda-beda. Pengajar dan yang diajar adalah pihak yang sama-sama tidak mengenal bakatnya, proses pembelajaran seperti di dalam ruang hampa atau ruang yang gelap gulita. Semua serba diraba dan serba coba-coba. Dengan kenal bakat sejak dini, maka proses pemberian stimulasi akan lebih terarah, lebih fokus, efektif dan efisien, sehingga anak tidak mudah stress karena beban belajar yang terlalu banyak dan berat, dan pelajaran yang tidak sesuai dengan kebutuhannya tidak harus dipaksakan kehadirannya. Biarlah anak berjalan secara alami dengan bimbingan yang ringkas tetapi tepat guna. Setiap anak adalah memiliki pontensi cerdas di bidangnya masing-masing. Multiple intelligence adalah konsep yang mengakui keberagaman kecerdasan setiap manusia antara yang satu dengan yang lainnya.  Karakter baik akan terwujud jika ada pembiasaan, dan pembiasaan yang tepat dan menyenangkan akan melahirkan kebanggaan dalam ”proses pembelajaran”, proses pembelajaran akan efektif jika selaras dengan potensi diri masing-masing pribadi.

Semoga bermanfaat, terimaksih.

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

 

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: