PENTINGNYA MENGENALI BAKAT UNTUK MENCAPAI PRESTASI PUNCAK

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI Primagama

Zaman terus berubah, tantangan semakin kompleks dan kebutuhan hidup manusia semakin meningkat. Semua itu berawal dari sebuah obsesi bahwa kesejahteraan umat manusia harus senantiasa diupayakan dan dikembangkan. Tidak ada kehidupan yang gratis dimuka bumi ini. Siapa yang ingin sejahtera maka ia harus ”berjuang” untuk berikhtiar mendapatkannya. Berjuang adalah sebuah ”ongkos” atas kesejahteraan yang diimpikannya, semakin tinggi impiannya maka harus semakin besar perjuangannya. Dengan demikian semakin banyak yang ingin sejahtera maka semakin tinggi sebuah kompetisi untuk mendapatkannya.

Sekarang ini banyak suami-istri yang bekerja diluar rumah guna mendapatkan kesejahteraan yang diimpikan. Waktu terus berjalan dan tanpa terasa anak-anak sudah tumbuh remaja dan dewasa. Sejak kecil mereka dibesarkan oleh pembantu rumahtangganya dan pada saatnya tibalah anak-anak harus memilih jurusan sekolah, fakultas kuliah atau bahkan memilih bidang pekerjaan tempat mereka harus berkarya. Dan pada saat itu pula orangtua bingung menetapkan pilihan mana yang harus diambil. Tidak jarang muncul perbedaan pendapat dan perbedaan pilihan antara suami dan istri, antara orangtua dengan anak, terkadang antara anak-anak dengan eyangnya.

Sebenarnya perbedaan itu bisa dihindari bahkan bisa dicegah andaikan saja sejak dini para orangtua peduli untuk mengenali bakat anak-anaknya. Ada tiga tahapan kemajuan ilmu pengetahuan dalam mengenali bakat manusia. Pertama, tahap eksplorasi. Pada tahap ini semua stimulasi diberikan kepada anak-anak kita. Semua bentuk permainan dan alat / media pembelajaran diberikan, sehingga kurikulum semakin padat mata pelajaran. Dengan cara seperti itu pendidikan semakin mahal, tidak fokus dan tidak efektif. Anak-anak harus belajar semua mata pelajaran yang sebenarnya belum tentu dibutuhkan oleh mereka dan belum tentu sesuai dengan keberbakatannya.    Kedua, tahap observasi. Pada tahap ini keberbakatan anak-anak didekati dan dikenali dengan suatu obeservasi disiplin ilmu psikologi. Mereka diberikan tes psikologi untuk diukur aspek keberbakatannya. Tetapi karena hasil tesnya berubah-ubah dan harus diberikan tes berulang kali, maka sebagian anak-anak dan orangtua gamang melakukannya. Ketiga, tahap deteksi. Pada tahap ini anak-anak tidak perlu di tes tetapi dideteksi melalui kesepuluh sidik jari tangannya. Anak yang belum bisa membaca dan menulis, anak yang berkebutuhan khusus bisa dikenali bakatnya melalui alat deteksi ini. Tidak ada soal-jawab tes, tidak membutuhkan waktu yang lama, dan hanya sekali dalam seumur hidupnya. Ketiga tahapan tersebut benar pada zamannya dan saling melengkapi.

Prestasi puncak adalah bagian sebuah obsesi atas keinginan menuju tingkat kesejahteraan yang diharapkan. Prestasi / sukses adalah kombinasi optimal antara bakat, minat dan cara hidup yang sehat. Puncak prestasi / sukses adalah menjadi yang terbaik pada bidangnya. Atas pemahaman tersebut maka apabila seseorang ingin sukses dan berprestasi maka ia tidak harus menguasai seluruh atau semua bidang kehidupan. Ke depan tidak dibutuhkan orang yang generalis melainkan orang yang spesialis. Menjadi orang generalis lebih sulit, lama dan mahal bila dibandingkan untuk menjadi orang yang spesialis. Serahkan semuanya kepada ahlinya adalah ungkapan yang pas yang bisa menggambarkan betapa pentingnya peran spesialis itu. Dengan demikian bisa dipetik hikmah bahwa kenal bakat sejak dini lebih mudah meraih prestasi. Dengan kenal bakat sejak dini maka sejak awal cita-cita atau visi sudah terbentuk. Setelah cita-cita dan visi terbentuk maka tinggal mencari/ memilih stimulasi berupa pendidikan, pelatihan, pengajaran yang sesuai dengan bakatnya. Semakin dekat minat dengan bakatnya dan semakin dekat visi dengan potensinya maka akan semakin mudah mewujudkannya. Kenal potensi, fokus stimulasi akan melahirkan prestasi. Kenal bakat, tumbuhkan minat akan melahirkan anak-anak hebat. Semoga tulisan ini bermanfaat. Terimakasih.

 

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

 

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: