TES BAKAT DMI UNTUK SEMUA

 

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI PRIMAGAMA INDONESIA

 Pada hakekatnya, pendidikan, pelatihan dan pengajaran adalah serangkaian upaya manusia dalam dunia ilmu pengetahuan yang dirancang guna mengembangkan keberbakatan seseorang. Dengan bakat yang dikembangkan maka ada harapan bahwa setiap pribadi akan memiliki kompetensi. Dan dengan kompetensinya itu diharapkan pula akan mendongkrak derajat kesejahteraan manusia secara keseluruhan. Betapa mulianya sebuah upaya yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan kemanusiaan yang luhur dan bermartabat. Itulah tujuan utama pengembangan sumber daya manusia melalui dunia ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun pada perkembangannya dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan melalui pendidikan, pelatihan dan pengajaran mengalami distorsi yang relatif jauh dari filosofi awal lahirnya ilmu pengetahuan. Bahkan tidak jarang sebagian orang dewasa dan orangtua yang peduli terhadap sekolah putra-putrinya pun tidak mau paham terhadap makna atau pengertian dasar dari kata “pendidikan”, “pelatihan”, dan kata “pengajaran”. Apalagi terhadap mereka yang tidak peduli terhadap kemajuan sekolah putra-putrinya. Konsekuensinya para pengelola sekolah (atau perguruan tinggi) pun menyajikan kurikulumnya dengan sekenanya atau semaunya. Mereka merasa sah hanya karena sudah sesuai dengan kurikulum yang ditentukan oleh pemerintah. Sementara kurikulum yang ada pun sering berganti dan berubah-ubah. Keadaan itu menjadikan suasana semakin “remang-remang”. Kontrol publik pun semakin tipis. Kerancuan makna dan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan dan pengajaran semakin sulit dikendalikan. Hal tersebut tentu berdampak pada proses, spesialisasi (kekhasan) dan output yang akan dihasilkan. Masyarakat juga sudah lupa bahwa bapak pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantoro telah memberikan landasan konsep bagi penyelenggaraan transfer of knowledge di Indonesia yang disebut tri pusat pendidikan, yaitu pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Nampaknya dengan tiga konsep tersebut Ki Hajar Dewantoro akan turut empati untuk menyederhanakan Kata “pendidikan, pelatihan, pangajaran” ke dalam hanya satu kata saja yakni “pendidikan”. Hal ini sangat bisa dipahami, karena sebenarnya beliau pun masih memberikan jalan keluar dengan konsep “tri pusat” nya itu. Pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah, sekolah dan guru itu sebenarnya mewakili konsep “pengajaran” yaitu pengembangan pengetahuan / knowledge dan wawasan. Pendidikan in formal yang diselenggarakan sejak dari rumah oleh para orangtua adalah mewakili konsep “pendidikan” yang lebih bermuatan moral/ attitude, sikap, perilaku dan semangat menjalani hidup dengan baik. Pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh masayarakat yang dilembagakan dalam bentuk “lembaga kursus” itu cenderung mewakili konsep “pelatihan” yang lebih bermuatan ketrampilan/ skill dan berjangka amat pendek.

Apabila masing-masing kita (penyelenggara dan pengguna; regulator dan ekskutor; produsen dan konsumen) peduli dan paham terhadap konsep “pendidikan”, “pelatihan”, “pengajaran”, “pendidikan formal”, “pendidikan informal”, dan “pendidikan nonformal”, maka tabir kelabu dunia pendidikan akan sedikit terurai, sehingga para orangtua akan lebih fokus memilih “sekolah / kursus” yang sesuai dengan bakat alami putra-putrinya sehingga “tepat guna”. Sedangkan bagi penyelenggara juga akan menyajikan “menu” berupa kurikulum yang efektif dan efisien, sehingga “sekolah” tidak lagi menjadi barang yang mahal karena terlalu berlebihan sajian “menunya”, kelebihan “kolesterol pendidikan” yang berdampak pada jenis penyakit baru (tidak fokus sejak kecil). Bila sudah seperti itu maka kita sebagai orangtua akan “tepat belanja” pendidikan bagi anak-anak kita secara murah pula (anak tidak stress karena beban pelajaran terlalu banyak, orangtua juga tidak terlalu banyak membayar gaji / honor pengampu pelajaran yang berlebihan tersebut).

Hadirnya alat tes atau yang lebih pas disebut alat deteksi bakat melalui finggerprint test DMI Primagama adalah dalam rangka untuk mengembalikan filosofi proses pemberian stimulus (melalui pendidikan, pelatihan, pengajaran) secara benar dan optimal, efektif dan efisien. Standar Operating Prosedur (dunia pembelajaran atau dunia pendidikan atau dunia pelatihan) adalah kenali potensinya terlebih dahulu, baru mengembangkan potensi (yang diikuti ambisi yang memadai), baru diharapkan mendapatkan kompetensi yang dicintai. Kenal bakat, belajar smart, prestasi hebat. Pakai kaos kaki terlebih dahulu baru pakai sepatu, jangan dibalik, dan tidak semua persolan hidup itu bisa dikomutatifkan.

Tes bakat DMI bisa digunakan oleh oleh semua orang sejak usia 2 tahun sampai pada usia 90 tahun. Untuk ukuran di Indonesia tes bakat DMI ini dipandang cukup mahal, bagi anak-anak usia sekolah yang mengikuti bimbingan belajar di Primagama sejak tahun pelajaran 2009 / 2010 mendapatkan layanan tes DMI ini secara gratis.

Dalam melayani semua siswa yang telah ikut bimbingan belajar tersebut PT. DMI INDONESIA telah bekerjasama dengan LEMBAGA PENDIDIKAN PRIMAGAMA melalui Akta Perjanjian Kesepahaman NO: 07, tertanggal 04 April 2008 dengan notaris ibu Wihastuti Estiningsih, SH., MKn. Lembaga Pendidikan Primagama sebagai franchisor (karena memiliki jaringan outlet franchise) memiliki hak untuk membuat produk standar, menetapkan, merubah (menambahi atau mengurangi produk) yang disesuaikan dengan perkembangan dan perubahan iklim bisnis yang senantiasa dinamis dan menuntut kreatifitas dalam rangka menjaga eksistensinya dan memenangkan kompetisi yang selalu terjadi.

Sedangkan bagi masyarakat non siswa primagama (masyarakat umum), dari manapun asalnya berhak untuk ikut tes bakat DMI ini dengan biaya (untuk tahun 2010) : di Jakarta Rp 1.500.000,- perorang; di luar Jakarta Rp 1.000.000,- perorang. Pembelian kolektif institusional (misalnya sekolah, perusahaan) mendapatkan keringan biaya dan dapat diangsur (pembelian perorangan harus dibayar tunai), syaratnya adalah minimal 100 orang dan ada surat perjanjian tertulisnya. Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

MANFAAT KHUSUS

  1. Mengetahui dominasi otak kanan dan otak kiri seseorang
  2. Mengetahui distribusi kecerdasan multiple intelligence (logic-matemathic; linguistic; intrapersonal; interpersonal; bodely-kinestethic; visual-spasial; musical; naturalist)
  3. Mengetahui driven models seseorang
  4. Mengetahui learning style
  5. Mengetahui learning sensitivity
  6. Mengetahui karakter komunikasi
  7. Memantapkan pilihan karir dimasa depan
  8. Mengetahui gaya manajemen kerja seseorang

MANFAAT PRAKTIS

  1. Lebih percaya diri
  2. Lebih efektif / efisien dalam mengejar dan menata prestasi / karir
  3. Aktifitas sehari-hari lebih fokus dan terencana
  4. Beban hidup terasa lebih ringan dan lebih pasti
  5. Memudahkan mengambil keputusan untuk mencari pendidikan yang sesuai bagi anak-anak usia sekolah (pelajar dan mahasiswa)
  6. Memudahkan mengambil keputusan untuk memilih bidang usaha / bisnis yang sesuai bagi para calon pengusaha
  7. Rekrutment dan penempatan pegawai pada sebuah perusahaan / instansi

KEUNGGULAN DMI

  1. Untuk semua usia (2 tahun – 90 tahun)
  2. Cepat dan akurat
  3. Full sistem dan obyektif
  4. Sekali seumur hidup
  5. Berbasis biopsikologi dan biometrik
  6. Bisa untuk anak autis, anak hiperaktif atau anak berkebutuhan khusus lainnya
  7. Tidak membuat cemas peserta tes
  8. Mendapatkan layanan konsultasi psikologi gratis seumur hidup

CARA IKUT TES DMI

  1. Membayar uang tes secara tunai Rp 1.000.000,- perorang (harga bisa berubah-ubah setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu). Harga di Jakarta Rp 1.500.000,- perorang.
  2. Mengisi data identitas diri (nama dan alamat)
  3. Kedua belah telapak tangan (kanan dan kiri) diberi titik ATD
  4. Diambil foto wajah
  5. Kesepuluh sidik jari tangan (kanan dan kiri) dipindai dengan scaner
  6. Menunggu buku hasil tes selama dua minggu (untuk di Yogyakarta bisa lebih cepat)
  7. Mendapatkan penjelasan dan layanan konsultasi psikologi yang sangat dibutuhkan dan sangat besar manfaatnya

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2 – 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

 

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat DMI):

 

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 081 6680 400 / 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

 

Info Lebih Detail Lihat Situs : www.dmiprimagama.com & https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: