DEFINISI

1.      Sukses adalah suatu proses atau hasil dari suatau kinerja yang merupakan kombinasi optimal antara bakat, minat dan cara hidup yang sehat (Fokus, Peduli, dan Bertanggungjawab).

2.      Puncak sukses adalah menjadi yang terbaik pada bidangnya dan membawa manfaat bagi diri sendiri dan bagi sesama.

3.      Bakat adalah “potensi  inheren spesifik” yang dibawa seseorang sejak ia lahir, dan merupakan “bahan baku” suatu kompetensi atau suatu keahlian. Tentu sebagai bahan baku tidak akan berguna jika tidak  “diberdayakan” secara positif, misalnya melalui proses ““Pembimbingan“, “Pengarahan” dan “Pembiasaan“, atau melalui proses “Pendidikan”, “Pelatihan” dan “Pengajaran”.

4.      Penelusuran Bakat adalah suatu upaya untuk mengenali dan menemukan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Ada tiga tahap penelusuran bakat, yaitu : “Eksplorasi” berdasarkan suatu pengalaman alamiah; “Observasi” berdasarkan suatu penelitian ilmiah; dan “Deteksi” berdasarkan teknologi terkini (biometrik dan biopsikologi).

5.      Ada tiga zona kebenaran : 1) zona kebenaran Ilahiah , 2) zona kebenaran Alamiah , 3) zona kebenaran Ilmiah. Ketiganya tidak bisa saling dipisahkan, ia merupakan satu-kesatuan yang sinergis dan holistik-komprehensip, bukan parsial dan bukan pula sekuler.

6.      Efektifitas kegiatan atau kualitas hidup bisa tercipta karena adanya sinergi antara elemen atau komponen yang berbeda, dan itu adalah pandangan multi intelligence, multi dimensi, multi prestasi dan multi kultural. Pendidikan adalah aktivasi potensi atau stimulasi potensi agar menjelma menjadi kompetensi atau prestasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: