SEKALI LAGI : PENDIDIKAN KARAKTER

Oleh : Drs. H. Teguh Sunaryo

Direktur DMI PRIMAGAMA INDONESIA

 Eksistensi manusia sangat ditentukan oleh tiga hal yaitu pengetahuan, ketrampilan dan kebajikan. Pengetahuan menyangkut ranah kognisi, ketrampilan di ranah psikomotori, dan kebajikan dalam ranah afeksi. Ketiga hal tersebut merupakan satu kesatuan dari hal yang berbeda yang tidak bisa saling dipisahkan dan tidak bisa saling meniadakan.

Berbicara mengenai pendidikan karakter, selalu ingin saya sampaikan jangan sampai didewakan dan melupakan aspek yang lainnya. Ketiga hal tersebut merupakan hal yang penting, esensial dan mendesak untuk dihadirkan ketika kita menghendaki adanya insan dan generasi yang unggul (SDM Unggul) dibidang apapun ia berada dan mengabdi. Karena begitu penting dan mendesaknya ketiga komponen tersebut di atas maka menurut saya hanya dalam bidang afeksi itulah (pendidikan karakter) tidak lagi perlu diwacanakan, tidak perlu terlalu sering dibahas. Ranah afeksi menyangkut aspek pembiasaan, pelatihan dan pengulangan-demi pengulangan dalam hal praktek sebagai mana aspek psikomotori. Pendidikan karakter tidak begitu tepat lagi bila dimasukkan kedalam ranah kognisi. Semua orang dewasa sudah mengerti mana yang baik dan yang buruk, mana pahala dan mana itu dosa. Sehingga itu butuh praktek (psikomotori dan afeksi) dan bukan sekedar teori (kognisi). Teori humanisme dan dasar etika serta etika dasar sudah banyak kita temukan di internet, di pondok pesantren, dan disekolahan. Di internet bisa kita temukan Al Qur’an digital dan berbagai jenis kumpulan hadits. Di  pondok pesantren tausiah-tausiah moral sudah sering dikumandangkan. Di sekolah sudah ada pelajaran agama agar anak alim dan shaleh, sudah ada pelajaran PMP atau PPKN yang mengajarkan nasionalisme dan bela negara NKRI, sudah ada pelajaran bahasa Indonesia yang mengajarkan berbahasa yang baik dan yang benar, yang sopan dan santun. Sehingga semuanya itu tidak perlu lagi diwacanakan tetapi dipraktekkan. Pendidikan karakter lebih membutuhkan ketekunan dari pada kecerdasan, dan lebih membutuhkan pembiasaan dari pada pengetahuan.

Pertanyaannya mengapa masih ada pejabat korupsi, rakyat mencuri, dan anak-anak muda sering anarki, itu semua karena ada dua hal yang belum dipenuhi. Pertama, peraturan perundangan yang tidak jelas, tidak tegas, multi tafsir, dan sanksi abu-abu. Kedua, aparat penegak hukum yang tidak jujur, tidak transparan, tidak terbuka dan tidak agamis.

Menghadapi kondisi semacam itu maka dibutuhkan adanya : a) Sosok pemimpin (nasional) yang jujur, cerdas dan berani; b) Kontrol publik yang terbuka, transparan, yang efektif dan berkesinambungan; c) Tauladan dari para orangtua di rumah; d) Tauladan dari guru di sekolah; e) Tauladan para pemimpin di tempat tugasnya masing-masing; f) Rasa tanggungjawab dari semua pihak; g) UU dan Sanksi yang jelas dan tegas serta tidak multi tafsir.

Mari kita katakan pada diri sendiri bahwa pendidikan karakter itu penting, tetapi keahlian dan ketrampilan teknologi itu juga tidak bisa diabaikan, akhlak itu penting dan ilmu juga penting, sekali lagi katakan kita butuh Imtaq dan Iptek agar bisa sukses dunia- akhirat (bukan sukses akhirat-dunia, apalagi sekedar sukses dunia saja). Kita butuh UU yang tegas, aparat yang tidak culas, pikiran yang cerdas, cara kerja yang tuntas, dan praktek beragama yang ikhlas. Semoga !

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

Kantor Pusat DMI PRIMAGAMA :

GRAHA POGUNG LOR  No : 2, 3, 4 (Lantai 1)

Jl. Ringroad Utara, Pogung Lor, Yogyakarta

Telp / Fax. :  (0274) 625 168

Layanan Konsultasi Psikologi (Hanya bagi yang sudah ikut Tes Bakat Deteksi DMI):

Contact Person :

  • Teguh Sunaryo HP : 085 643 383838 (Direktur)
  • Isworo Gunarsih  HP : 081 2278 5915 (Sekretaris)
  • Eko Yulianto HP : 085 328 012345 (Kepala Lab dan Teknisi)
  • Nurmey Nurul Chaq HP : 081 5790 2340 (Koordinator Konsultan Psikologi)
  • Bambang Hastobroto HP : 081 2269 3277 (Keuangan)

Info Lebih Detail Lihat di Website :  www.dmiprimagama.com & di Webblog : https://dmiprimagamapusat.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: