Keunggulan

aku bisa1Begitu banyak orang berikhtiar dengan beraneka ragam cara, tidak lain adalah untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik dalam hidupnya. Semuanya itu guna mempertahankan hidup. Baik siklus kehidupan pribadinya maupun siklus kehidupan  sebuah perusahaan. Mereka yang bisa bertahan tentulah memiliki keunggulan bersaing yang patut dibandingkan dengan yang lainnya. Mereka punya kelebihan dibanding dengan yang lainnya. Siapa yang kuat akan bertahan, siapa yang berkualitas akan berjalan terus hidupnya. Itulah mengapa seseorang ingin menjadi pribadi yang unggul, mencari sekolahan yang unggul dan mencari tempat bekerja yang juga unggul.

Hanya orang-orang yang unggullah yang bisa bertahan dalam persaingan yang berat, dan hanya orang-orang yang unggullah yang senantiasa dipikat. Hanya perusahaan-perusahaan yang unggullah yang mampu bertahan dalan ketatnya persaingan. Perusahaan hebat merupakan kumpulan dari orang hebat, dan orang yang hebat selalu dicari oleh banyak perusahaan yang hebat pula. Pertanyaannya adalah : 1) Sudahkan kita menjadi peribadi unggul yang siap berkompetisi dalam segala situasi ? 2) Sudahkah keunggulan kita diketahui oleh para pihak yang membutuhkan keahlian kita  ? 3) Dalam berbisnis, sudahkah kita memiliki produk yang berkualitas yang layak dibandingkan dengan pihak kompetitor pada segmen yang sama ?

Para konsumen sudah sangat cerdas dalam mengambil keputusan untuk pemenuhan kebutuhannya. Mereka selalu ingin membandingkan sebelum mengambil keputusan. Sementara para pengusaha (produsen, eksekutif puncak) yang ingin bertahan harus selalu kreatif mencari keunggulan yang dapat memikat hati para pembeli.

Milikilah keunggulan yang tidak dimiliki oleh orang lain, atau oleh perusahaan lain, maka saat dibandingkan anda akan menjadi gula yang diperebutkan oleh para semut. Menjual produk yang ada keunggulannya akan lebih mudah dari pada menjual produk yang tidak ada apa-apanya. Dan tidak pernah ada orang yang bangga saat tidak punya keaunggulan apa-apa. Dan akan lebih aneh jika sudah punya keunggulan malah tidak segera diberdayakan, apa ada ? ada apa ? Biarlah konsumen yang akan menjawabnya, dan pasar yang akan membuktikannya. Biarlah keyakinan diri terus diuji sambil menunggu siapa yang paling berprestasi. Yakinlah bahwa perjalanan tidak pernah usai selama kita tidak pernah menyerah, dan selama itu pula masih tersedia waktu bagi kita untuk berbenah.

Selamat berkarya dan selamat meng-upgrade diri semoga menjadi insan yang unggul yang banyak dicari.

Yogyakarta, Kamis, 16 Mei 2013

Oleh Teguh Sunaryo

Direktur PT. DMI Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: