Membangun Komunikasi Ortu dan Anak Berdasar Potensi dan Bakat Anak

1 Pengantar :

Salah satu permasalahan dari sekian banyak permasalahan yang ada, yang sering dihadapi para orangtua terhadap para-putrinya adalah tentang berkomunikasi dengan para putra-putrinya. Tentu komunikasi yang baik adalah berorientasi kepada mitra komunikasi kita, dalam hal ini adalah dengan anak-anak kita. Upaya membangun komunikasi yang efektif adalah jika antara pemberi pesan dengan penerima pesan terjalin secara harmonis dan bisa dengan mudah memahami pesan yang akan disampaikan.

2 Ada beberapa kendala mengapa pesan tidak sampai :

Beda persepsi, tidak seimbang pengalaman dan pengetahuannya, beda budaya dan bahasa, beda usia dan beda kepentingannya. Untuk mengurangi beberapa kendala tersebut adalah dengan menyesuaikan diri dengan mitra komunikasi, antara lain melalui pemahaman kita (para orangtua) terhadap potensi anak kita dan bakat yang dimilikinya.

3 Potensi Anak :

Kebanyakan orangtua menganggap bahwa potensi setiap anak adalah sama, sehingga ketika memperlakukan anak-anak juga dengan cara komunikasi yang sama. Ada perilaku anak yang agresif dan energik; ada yang pasif dan pendiam; ada yang reaktif dan spontan; ada yang serba ingin tahu dan ada acuh terhadap kejadian yang ada di lingkungan terdekatnya. Semua itu membutuhkan cara dan bentuk komunikasi yang berbeda. Ada yang bisa didekati dengan bentuk komunikasi lisan, ramah dan sabar, ada yang perlu sentuhan komunikasi tertulis dan formal. Dan semua itu juga perlu dikombinasikan dengan usia dan pengetahuannya. Untuk mengenali potensi anak setidaknya terdapat 3 cara, antara lain : (a) cara eksplorasi melalui pengalaman sehari-hari, (b) cara observasi melalui serangkaian psikotest dan (c) cara deteksi melalui fingerprint-test.

4 Bakat Anak :

Dengan tes bakat tertentu maka beberapa potensi seseorang bisa dikenali antara lain : (i) potensi bidang kecerdasannya, (ii) potensi gaya belajarnya dan (iii) potensi karakter komunikasinya. Ada baiknya para orangtua mengenali ketiga potensi besar tersebut. (i) Potensi kecerdasan ada 8 macam antara lain : (1) kecerdasan linguistic (2) kecerdasan logic-matemathic (3) kecerdasan intra-personal (4) kecerdasan inter-personal (5) kecerdasan visual-spasial (6) kecerdasan bodly-kinestethic (7) kecerdasan musicsl (8) kecerdasan naturlis. Sedangkan (ii) potensi gaya belajar meliputi 3 gaya antara lain : (1) visual (2) auditorial (3) tactile. Dan (iii) potensi karakter komunikasi seseorang terdapat 4 type antara lain : (1) reflektif (2) kritikal (3) kognitif (4) afektif. Kesemua potensi tersebut menuntuk cara komunikasi yang berbeda-beda.

5 Jenis aktifitas hidup manusia :

Setidaknya ada 4 macam aktifitas hidup manusia sejak masa kanak-kanak hingga ia tumbuh dewasa antara lain : (1) bermain (2) belajar (3) bekerja (4) beribadah. Semakin muda usia seseorang maka dominasinya adalah bermain. Permainan yang positif tentu mengandung pembelajaran yang merangsang perkembangan pengetahuannya atau kemandiriannya. Sedangkan pembelajaran yang positif adalah pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bekal untuk bekerja kelak sesuai dengan tuntutan zamannya (relevan). Dan pada akhirnya usia semakin senja, maka kebutuhan akan ruhaninya lebih mendominasi jika dibandingkan dengan kebutuhan jasmaninya. Untuk membangun komunikasi pada anak usia dini atau usia pra sekolah akan menjadi efektif jika menggunakan komunikasi yang diikuti dengan permainan tertentu atau bicara sembari bercanda, atau bicara menggunakan alat peraga sesuai dengan bakat dan minatnya.

6 Kesimpulan dan saran :

Tidak ada teknik komunikasi yang mujarab yang dapat digunakan para orangtua dalam membangun komunikasi kepada putra-putrinya kecuali sesuai dengan bakat dan minatnya serta penuh kesabaran, ketekunan, dan permainan yang kreatif dan variatif. Sekedar untuk membiasakan shalat wajib saja dibutuhkan waktu 3 tahun yakni antara usia 7 tahun sampai usia 10 tahun.

Yogyakarta, 13 Nopember 2014

Teguh Sunaryo

Komisaris TK & PLAY GROUP KREATIF PRIMAGAMA

HP : 085 643 383838

————————————————————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: